Selasa, 22 Juli 2014

[Info] Mengapa Baterai Smartphone Cepat Habis?

14.12 Posted by oppocommunity , , , , , 9 comments
Hal - hal berikut adalah beberapa hal penyebab baterai pada smartphone cepat berkurang :

1. Dual SIM.

Bagi pengguna Smartphone awam, biasa nya mereka tidak menyadari hal yang kelihatan Sepele seperti ini, Jika pengguna smartphone memakai dua kartu sekaligus maka daya Baterai yang digunakan 2x lebih banyak dan boros dibanding Smartphone Satu SIM. Solusi Nya adalah pengguna dapat mematikan salah satu jaringan
(SIM 1 atau SIM 2 ) smartphone yang jarang di pakai untuk sementara waktu,

2. Jaringan Internet.

Jika pengguna smartphone sedang tidak melakukan aktivitas browsing, lebih baik jaringan internet ( 3G/HSPA ) di turunkan menjadi 2G/EDGE, karna kecepatan jaringan pada smartphone baik saat melakukan aktivitas Browsing maupun Tidak, akan mempengaruhi daya penggunaan Batterai. Dapat di ubah melalui Menu Setting.

3. Kecerahan pada layar.

Semakin cerah layar smartphone maka itu akan mempengaruhi penggunaan daya batterai pada smartphone. Dengan menurunkan setengah dari kecerahan layar smartphone atau kurang, akan lebih menjaga ketahanan daya baterai, sehingga lebih awet dan tahan lama. Biasa nya ketika sedang dalam perjalanan ataupun stand-by, saya sering melakukan hal ini. Dan ketahanan batterai cukup terasa awet.

4. Getar pada tombol.

Tanpa tersadar getar pada tombol, entah itu softkey ataupun keypad pada touchscreen ternyata menggunakan daya baterai yang cukup ‘terasa’. Fungsi getar pada keyboard yaitu sebagai penanda bahwa keyboard berfungsi dengan baik. Akan tetapi jika kita menon-aktifkan untuk beberapa saat ketika smartphone tidak sedang digunakan, itu cukup untuk membuat daya tahan baterai terasa awet.

5. Aplikasi yang di gunakan.

Ketika pengguna smartphone sedang menggunakan Aplikasi, baik berupa Game ataupun Social Media secara bersamaan dan Online, akan mempengaruhi daya baterai, di tambah, banyak spesifikasi smartphone yang menawarkan jumlah RAM yang besar, sehingga banyak pengguna smartphone memanfaatkan hal ini, Hanya saja jangan lupa untuk men-Clear Aplikasi yang telah selesai atau jika terlalu banyak yang di digunakan melalui task manager – dengan menekan tombol home ( tergantung tipe hp ).

6. Live Wallpaper

Pengguna smartphone sering menghiasi tampilan utama smartphone dengan Live Wallpaper atau gambar bergerak yang unik. Tapi tanpa di sadari bahwa penggunaan Live wallpaper pun ternyata menggunakan daya baterai yang lumayan besar. Mengganti nya dengan wallpaper biasa dapat membantu menghemat daya baterai,. Jadi penggunaan Live Wallpaper tetaplah sebuah hiasan yang baik, dengan cara penggunaan yang baik pula.

So Ofans, Hal - hal diatas yang menyebabkan mengapa baterai smartphone kita cepat berkurang. Semoga bermanfaat :D.

- OPPO Indonesia Community -

9 komentar:

  1. aku sudah berusaha meminamilisir penggunaan ram, layar dsb, tapi tetap saja.
    dichas full jam 3 digunakan untuk tethering jam 6 habis. biasanya jam 1 hingga jam 9?

    aku ngecash pun, tidak pernah dalam kondisi menyala. selalu mati. tapi btrainya membesar. hmm tolong bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama hp ku baru padahal oppo a37f. Cepat habis juga

      Hapus
    2. Sama hp ku baru padahal oppo a37f. Cepat habis juga

      Hapus
  2. Cara ganti hsdpa jadi edge di menu apa gan? Ko saya cari cari ga ada ya

    BalasHapus
  3. Gan mohon bantuan tipsnya untuk mengembalikan file jpg (gambar) dan video di hp R1 dan R5 yg telah terhapus..?
    Thks gan atas tips nya...

    BalasHapus
  4. mau nanya gan, tipe hp sy oppo yoyo setelah update os resmi dan partisi kok malah nyimpan smua.data di internal, udah diatur di setting biar bisa nyimpan di memori eksternal gak bisa juga
    solusinya tolong

    BalasHapus
  5. bisa tukar tidak dengan Batere baru tidak oppo find 7

    BalasHapus