Rabu, 20 Agustus 2014

[ColorOS] Sistem Keamanan di ColorOS

10.30 Posted by oppocommunity , , 31 comments
Smartphone telah menjadi perangkat personal yang hampir merekam semua aktivitas user setiap hari, kita bisa melihat trafik komunikasi, relasi keseharian, data privasi, bahkan kepribadian user melalui penggunaan smartphonenya sendiri. Untuk itu, kami menganggap sangat penting untuk mengintegrasikan proteksi keamanan yang menyeluruh pada sistem operasi smartphone.
Terlindung dari luar, Monitor dari dalam
Kunci layar merupakan proteksi keamanan paling umum, menggunakan password, draw pattern atau face unlock sebagai kunci privasi untuk mengakses data, tapi ini hanya satu lapisan proteksi, dan termasuk sangat rentan!

1. App Encryption
Memberikan proteksi tambahan untuk aplikasi-aplikasi yang menyimpan data privasi atau konfidensial, seperti percakapan pada aplikasi chatting, profile pribadi pada aplikasi socmed, ataupun email konfidensial. Untuk membuka aplikasi tersebut, harus menggunakan kunci password atau pattern yang diatur sebelumnya.

2. Permission Monitor
Aplikasi dengan mudah mengakses data atau fungsi apapun, misalnya aplikasi chatting mengambil daftar kontak, bahkan update otomatis tanpa sepengetahuan Anda! Permission Monitor akan memantau kondisi ini, menanyakan Anda apakah mengizinkan/menolak aplikasi mengakses data? Selain itu, Anda juga bisa mengatur dulu untuk mengizinkan, menolak atau selalu menanyakan izin akses data.

Menjaga Privasi juga Menjaga Relasi
Smartphone menjaga komunikasi dan memudahkan Anda mengakses data setiap saat dan di mana pun, tapi kemudahan juga menjadi kelonggaran privasi! Untuk itu, ColorOS merancang proteksi keamanan untuk menjaga ruang privasi dan waktu privasi, tapi juga membantu Anda menjaga relasi.

3. Guest Mode (Ruang Privasi)
Guest Mode menyediakan dua kunci layar, kunci pertama bisa mengakses semua data, sedangkan kunci kedua hanya bisa mengakses sebagian data, sementara data lainnya disembunyikan. Anda bisa menyembunyikan foto, video, data kontak dan aplikasi apapun, sehingga Anda bisa dengan leluasa meminjamkan smartphone ke teman dan tidak perlu khawatir data privasi tertampilkan.

4. Quiet Time (Waktu Privasi)
Selama Quiet Time aktif, jika Anda tidak sedang menggunakan smartphone (layar dalam keadaan mati), semua panggilan akan silent; kecuali nomor yang sama memanggil 3x berturut-turut dalam 3 menit, panggilan ketiga akan berdering seperti biasa. Fungsi ini sangat efektif menyeimbangkan waktu privasi dan komunikasi urgent, dengan cara yang sangat smart, “Hanya panggilan penting yang bisa menghubungi Anda selama waktu privasi”.

5. Block (Anti Harrasment)
Block akan mengenal nomor telepon dan memblokir panggilan yang mengganggu. Block juga menyaring pesan sesuai nomor telepon dan kata kunci pesan yang sudah diatur sebelumnya. Menjaga keleluasaan waktu privasi juga membantu komunikasi Anda lebih efektif.

6. Notification Center
Kebanyakan aplikasi mempunyai push notification, tanpa membuka aplikasi tetap dapat mengirim pesan atau memberikan pemberitahuan terbaru, tapi terkadang notifikasi ini menggangu dan tidak perlu. di Notification Center, Anda bisa memilih aplikasi apa saja untuk diaktifkan push notificationnya.

Efisien dan Terkendali
Android mendukung multi-threading, menempatkan aplikasi-aplikasi terus beroperasi di background, mempercepat pengalihan aplikasi satu sama lain, sehingga memudahkan Anda mengaktifkan aplikasi kembali. ColorOS menyediakan serangkaian sistem keamanan membantu Anda menggunakan smartphone lebih efisien dan terkendali.

7. Data Saving
Anda bisa mengizinkan hanya beberapa aplikasi tertentu saja yang terus beroperasi di background, sehingga menjadi prioritas sistem operasi untuk berkinerja maksimal; sementara aplikasi lain akan langsung tutup total, tanpa menambah beban prosesor dan memori, menggunakan jaringan data serta menghabiskan daya baterai.

8. End All
Dengan fungsi yang sama untuk mengurangi beban prosesor dan memori, serta penggunaan data dan daya, End All memudahkan Anda untuk merefresh ulang semua aplikasi yang sudah diaktifkan sebelumnya, sehingga Anda bisa lebih lega memulai kinerja smartphone.

9. Data Monitor
Memantau penggunaan jaringan data 3G atau Wifi oleh semua aplikasi dan fungsi. Anda bisa menentukan batasan maksimal penggunaan paket data, sehingga saat terjadi penggunaan tidak normal, sistem otomatis akan memberikan pemberitahuan.

10. Power Manager
Menghitung penggunaan daya baterai oleh semua aplikasi dan fungsi. Power Manager akan mengkalkulasi waktu kinerja smartphone dari total daya baterai berdasarkan penggunaan daya sebelumnya, dan mengingatkan Anda untuk mengisi daya di malam hari.

31 komentar:

  1. bagaimana cara membuka 2 layar skaligus pada oppo mirror 5 ??
    Misal lg buka video, terus ada bbm.. Nah bgaiman caraa nya biar bisa buka bbm tanpa harus mengeluarkan video yg sedang qta lihat??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah tau cara nya mbak mira ?

      Hapus
    2. Udah tau cara nya mbak mira ?

      Hapus
    3. Di oppo seri lama blm bisa,kecuali ada aplikasi mungkin bisa atau gak blm pasti. Tp klo seri terbaru akan klwr bisa it nmax smart split.

      Hapus
  2. Bagaimana cara mengatur Mode Tamu pada Oppo miror 5

    BalasHapus
  3. Bagaimana cara mengatur Mode Tamu pada Oppo miror 5

    BalasHapus
  4. Bang, ini sistem terbaru oppo find 5mini tang sekarang apa yaa?

    BalasHapus
  5. Bagaimana cara mengatur guest mode pada oppo mirror 5??

    BalasHapus
  6. Bagaimana cara mengatur guest mode pada oppo mirror 5??

    BalasHapus
  7. Step by step mengunci aplikasi spt bbm, wa,line di oppo neo7 dong kak

    BalasHapus
  8. Step by step mengunci aplikasi spt bbm, wa,line di oppo neo7 dong kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buka manager aplikasi, okikasi yg sedang berjalan, silahkan ketuk icon applikasi yg akan anda kunci. Klig pada icon gembok..

      Hapus
  9. bagaimana cara ngunci app di neo 7?

    BalasHapus
  10. tolong jelaskan bagaimana gunakan izin privasi penguncian app di oppo a37f dan cara bukaknya apakah menggunakan tombol khusus atau harus buka kuncinya lagi

    BalasHapus
  11. Kenapa batre oppo A39 berkurang ya pdhl ga dipke?

    BalasHapus
  12. Aku udah cari cari guest mode di oppo f1 plus kok ga ada ya?

    BalasHapus
  13. Min kalau pilihan izin privasi cuma ada 4 pilihan gimana cara ngembalikannya sebenarnyakan ada 5 pilih dan sedangkan tanda kunci pusat keamanannya gak bisa di ketuk 3x juga itu gimana cara
    Pengaturan pusat keamana pada color os 3.0 oppo f1 plus

    BalasHapus
  14. Kak oppo a39 ada guest modenya nggak?

    BalasHapus
  15. Data seluler sering mati sendiri di oppo f1, di restar baru nyala lagi. Bgmna pengaturannya?

    BalasHapus
  16. Data seluler sering mati sendiri di oppo f1, di restar baru nyala lagi. Bgmna pengaturannya?

    BalasHapus
  17. How step for turn off encription mode in oppo a39, admin?

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Hp oppo saya baru beli type A37 tapi sudah seminggu ini sering merestart sendiri. Ada solusi?

    BalasHapus
  20. Bagaimana membuat guest mode pada oppo a39?

    BalasHapus
  21. hp saya oppo f1 plus hilang beberapa hari yang lalu,saya menyimpan beberapa file pribadi di bagian security centernya, dengan pasword lain dari pasword yang saya gunakan untuk kunci layar, apakah saya bisa yakin bahwa data saya aman?? dan apakah saya bisa yakin jika pencuri atau yg menemukan hp akan langsung melakukan factory reset ke hp saya sehingga file2 saya aman??

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. hp saya oppo f1 plus hilang beberapa hari yang lalu,saya menyimpan beberapa file pribadi di bagian security centernya, dengan pasword lain dari pasword yang saya gunakan untuk kunci layar, apakah saya bisa yakin bahwa data saya aman?? dan apakah saya bisa yakin jika pencuri atau yg menemukan hp akan langsung melakukan factory reset ke hp saya sehingga file2 saya aman??

    BalasHapus
  24. Tips agar hp miror 5 ga mati saat panggilan keluar masuk dan buka pesan suara.

    BalasHapus
  25. Tips agar hp miror 5 ga mati saat panggilan keluar masuk dan buka pesan suara.

    BalasHapus
  26. kenapa hp oppo neo5 tidak ada aplikasi security center

    BalasHapus
  27. Kalau lupa sandi dari app envryption,gimana? Di hp Oppo Neo 7, saya lupa sandinya..

    BalasHapus