Selasa, 19 Agustus 2014

[Find 7] Analisa Keamanan VOOC Rapid Charge

10.00 Posted by oppocommunity , , , 7 comments
Banyak user yang setelah menggunakan Find 7, agak bingung mengenai charger-nya dan khawatir bagaimana keamanannya? Adakah pengaruh terhadap umur baterainya? Jika tidak menggunakan VOOC charger, apakah akan mempengaruhi penggunaan baterai? Di sini akan sekedar menjelaskan mengenai baterai Find 7.

“Rapid Charge” intinya adalah meningkatkan arus listrik.
Kalau dijelaskan secara teknikal mungkin akan semakin tidak jelas, bisa diumpamakan dengan sedang mengendarai, misalnya total baterai adalah 1000 meter. 900 meter pertama dengan kecepatan penuh, dan 100 meter terakhir semakin perlahan, memberikan ruang waktu rem sehingga menjamin keamanannya.
100 meter terakhir dalam pengisian daya ini disebut“trickle charge”, ini didesain untuk menghindari kelebihan pengisian daya, semua cara pengisian tidak dapat memberi solusi lain untuk 100 meter terakhir ini. Find 7 dapat mengisi daya dengan cepat, poinnya adalah pada 900 meter pertama.


Untuk meningkatkan kecepatan 900 meter pertama ini, berarti harus meningkatkan daya kemampuan pengisian baterai. Di pelajaran IPA kita juga pernah mempelajari bahwa Daya = Tegangan x Arus, jika kita meningkatkan tegangan listrik akan mengakibatkan banyak kerusakan seperti suhu ponsel terlalu panas, maka VOOC mengubah jalan pikiran, menggunakan solusi meningkatkan arus listrik.
Charger yang dapat diflash software
Untuk meningkatkan arus listrik pengisian daya, OPPO menghabiskan waktu 1 tahun lebih untuk mengembangkan konektor 7 pin, dan titik sambungan baterai dari 4 dot menjadi 8 dot. Tidak hanya konektor, adapter juga sudah dioptimasikan, untuk semua ini memerlukan biaya produksi sekitar 5 kali lipat dari charger biasa. Adapter ini diintegrasikan satu chip MCU, dan chip ini dapat diflash softwarenya, saat produksi sudah diflash program software, dengan demikian baru dapat melakukan pengontrolan otomatis. Tidak hanya saat produksi awal, seterusnya kita juga bisa mengupgrade software dari charger ini.
 Biarpun arus listrik berbeda, tapi charger ini dapat digunakan untuk ponsel lain, dan saat chip MCU mendeteksi ternyata bukan Find 7, maka akan menjadi charger biasa.


 Di adapter ini sendiri ada dua sistem perlindungan keamanan, dua sistem ini mendeteksi tegangan listrik dan arus listrik, jika ternyata melebihi batas yang mampu ditampung maka otomatis akan menyesuaikan atau memutuskan.
Dan untuk mendukung arus listrik yang tinggi, baterai Find 7 juga berbeda, pada sirkuit baterai Find 7 juga terdapat dua sistem perlindungan, di saat tegangan listrik dan arus listrik di luar kendali, juga akan melakukan penyesuaian atau memutuskan.
VOOC mempunyai 5 lapisan keamanan perlindungan professional, selain 4 sistem keamanan di atas, di body ponsel juga terdapat 1 lapisan perlindungan, yaitu sumbu keamanan. Jika muncul kondisi tidak normal selama charging, sumbu ini akan putus dan menghentikan pengisian daya.
VOOC Rapid Charge apakah mempengaruhi umur baterai?
Dalam tahap pengembangan, kita juga menemukan masalah penuaan baterai, maka dari itu kita mencari vendor bersangkutan untuk mencarisolusi bersama, dan akhirnya menemukan penggunaan sel baterai yang dirakit khusus, sehingga mampu menahan arus listrik yang lebih besar dari Rapid Charge, usia baterainya tidak berbeda dengan baterai biasa.

 
Teknologi VOOC sama dengan teknologi inovatif lainnya, setelah terbiasa maka akan susah menunggu waktu charging ponsel biasa. Contohnya saat di bandara, jika ponsel tidak ada baterai maka akan mencari tempat charging dan duduk di sebelahnya menunggu berjam-jam. Tapi jika menggunakan VOOC Rapid Charge, charging 5 menit bisa digunakan untuk menelepon 2 jam; charging 15 menit bisa digunakan untuk menelepon 6 jam; dan charging 30menit baterai langsung terisi hingga 75%. Tidak peduli saat meeting, atau saat dinas, asalkan ada waktu luang sedikit saja, bisa mengisi daya baterai yang dapat digunakan untuk sepanjang hari.
Apalagi baterai Find 7 adalah baterai yang dapat dilepas pasang, sehingga ada backup yang dapat digunakan untuk waktu yang lebih lama. 

Source: OID - WeChat Group

7 komentar:

  1. mau tanya mas, awal saya beli find7 a, vooc chargingnnya aktif bisa sampai 90% pengisian daya, tapi sekarang vooc chargingnya cman bisa aktf sampai 60% setelah itu, cman pengisian biasa, itu kenapa mas??

    BalasHapus
  2. Kenapa oppo find 7 new cepat panas saat di mainkan ?

    BalasHapus
  3. Iya saya juga begitu, belakangan biasanya saya ngecharge 30menit bisa penuh sampai 70-80% skrg ngecharge 30menit lebih cuma 40%. Kenapa ya?

    BalasHapus
  4. Saya mau tanya knp di situs penjualan online ada oppo find 7 yg baterainya built-in..padahal saya searching baterai oppo find 7 bisa dilepas.tks

    BalasHapus
  5. Saya mau tanya knp disitus penjualan online ada oppo find 7 yg baterainy built-in..padahal saya searching baterai find 7 bisa dilepas..kalau saya mau beli oppo find 7 yg baterai removable yg tipe apa ya?tolong penjelasannya .tks

    BalasHapus
  6. Mau tanya mas penyebab tombol power oppo mirror 5 saya tidak berfungsi trus sama masalah pengisian batray gk bisa masuk

    BalasHapus
  7. Mau tanya mas penyebab tombol power oppo mirror 5 saya tidak berfungsi trus sama masalah pengisian batray gk bisa masuk

    BalasHapus