Kamis, 28 Agustus 2014

[N1 mini]Kamera Berputar 13MP yang Bisa Menghasilkan Foto Setara 24MP

11.21 Posted by oppocommunity , , , 6 comments
Fitur ultra-HD picture pertama kali dikenalkan melalui produk flagship Find 7, memberikan hasil kualitas resolusi 50MP dengan optimasi algoritma Pure Image 2.0 dan perangkat sensor kamera 13MP terbaru.
N1 mini juga menggunakan sensor kamera yang sama, stacked CMOS Sony 13MP generasi terbaru IMX214. N1 mini juga terintegrasi dengan teknologi kamera Pure Image 2.0. Tapi mungkin kita merasa bingung mengapa hasil foto fitur ultra-HD bisa berbeda?
Kita mengulas kembali teknik pemotretan ultra-HD pada Find 7.

Pada pemotretan ultra-HD picture, kamera Find 7 akan mengambil 10 frame sekaligus di back end,melalui algoritma Pure Image, hasil detail yang bagus pada 10 frame ini akan digabungkan menjadi satu hasil gambar dengan resolusi 8160x6120 piksel atau 50MP.
Sedangkan kamera N1mini akan mengambil 6 frame sekaligus di backend, melalui algoritma Pure Image,hasil detail yang bagus pada 6 frame ini akan digabungkan menjadi satu hasilgambar dengan resolusi 5824x4368 piksel atau 24MP.
Perbedaan pada dua perangkat ini adalah pada saat pengambilan potret, Find 7 10 frame, N1 mini 6frame. Sekedar dilihat kita mungkin menganggap bahwa perbedaan ini dikarenakan kemampuan pengambilan frame yang dilakukan oleh sensor, tapi dua perangkat ini menggunakan sensor yang sama.
Sebenarnya perbedaan ini dikarenakan pada proses algoritma.
Untuk melakukan algoritma grafis, diperlukan dukungan pengelola grafis yang unggul. GPU Find 7 menggunakan Adreno 330, merupakan pengelola grafis pada chip CPU yang paling unggul saat ini, dapat mengelola grafis dengan sangat cepat, untuk itu melakukan algoritma 10 frame sangat mudah dan memberikan hasil yang memuaskan.
Sedangkan GPU N1 mini menggunakan Adreno 305, biarpun cukup unggul dalam mengelola grafis, tapi butuh waktu kinerja yang lebih lambat untuk melakukan algoritma 10 frame.
Untuk tidak mengorbankan experience pemotretan, R&D grafis mengambil solusi dengan prinsip waktu pengelolaan kurang lebih sama dengan Find 7, dan memberikan hasil paling maksimal, sehingga cukup mengambil 6 frame untuk diserahkan kepada algoritma untuk mengelola gambaran.

Biarpun jumlah piksel lebih sedikit, hasil foto ultra-HDN1 mini tetap ada peningkatan dari hasil foto mode normal 13MP, detail tetap terlihat lebih jernih, apalagi N1 mini merupakan kamera berputar. Biarpun fitur ini tidak mendukung pemotretan selfie, angle selebihnya bisa mendukung pemotretan resolusi 24MP, sehingga kita bisa berkreasi dengan kamera berputar seperti N1, tapi mendapatkan hasil detail lebih jelas.

6 komentar:

  1. min mau tanya. kabel usb oppo gw hilang, nah klo mke kabel usb lain blh gak? aplgi klo lgi ngecars gtu lma msuk batreinya gk kyak kabel usb oppo yg ori nih, mohon bantuannya min thanks..

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Bergabung dgn program google global

    BalasHapus
  4. Biar lbih bebas cari expresi baru

    BalasHapus